Rabu, 01 Desember 2010

KEPRIBADIAN DAN ASPEK BIOLOGIS


Kepribadian tak dapat dilepaskan dari aspek biologis yang berfungsi, misalnya adanya tangan dengan ibu jari yang dapat dipertemukan dengan jari-jari lain, mekanisme pendengaran, penglihatan, dan sebagainya, dan berbagai organ  lainnya. Kelakuan hanya mungkin dalam organisme yang hidup. Adanya organisasi untuk pengindraan serta sistem saraf yang merupakan syarat mutlak untuk belajar dengan menangkap, mengolah perangsang-perangasang dari luar serta menyimpannya. ‘
Lingkungan alamiah seperti iklim dan faktor-faktor geografis lainnya memberikan tempat dan bahann yang perlu bagi kehidupan seperti oksigen, bahan untuk produksi bahan makan, hujan, matahari, dan sebagainya. Demikian pula adanya alat-alat, transportasi, perumahan, pakaian, dan sebagainya hanya mungkin karena alam memberikan bahannya.
Lingkungan alam merangsang bentuk kelakuan tertentu, seperti laut untuk menangkap ikan, berlayar, berdagang, padang rumput untuk beternak, dan sebagainya, walaupun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi orang dapat melepaskan diri dari pengaruh lingkungan dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar